tanya jawab BK

Published June 26, 2013 by nilamarifani
  1. Apakah ada batasan Permasalahan yang dapat di tangani oleh konselor? Jelaskan !

Jawab : menurut kelompok kami, tidak ada batasan Permasalahan yang dapat di tangani oleh konselor karena setiap klien mempunyai masalah yang berbeda tetapi jika masalah yang di hadapi klien berada diluar kemampuan dan kewenangan konselor maka konselor dapat mengalih tangankan klien tersebut ada badan lain yang lebih ahli dan sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

  1. Apabila seorang klien sudah diberikan arahan oleh konselor untuk menyelesaikan masalahnya dengan baik, namun klien tersebut memilih cara yang salah dalam menyelesaikan masalahnya tersebut, bagaimana tanggapan anda mengenai hal tersebut ?

Jawab : menurut kelompok kami hal tersebut terjadi karena dalam proses bimbingan dan konseling asas keterpaduan tidak dilaksanakan dengan baik sehingga menimbulkan ketidakserasian antara klien dan konselor sehingga menimbulkan masalah. Selain itu hal tersebut terjadi karena kurang adanya pemahaman konselor terhadap kliennya sehingga alternative pemecahan  masalah yang di berikan konselor tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh klien.

 

Kelompok 9

  1. Apa langkah-langkah atau hal utama yang perlu di selenggarakan terhadap pemahaman     tentang kasus klien ?

Jawab : menurut kelompok kami, langkah utama yang harus di lakukan seorang konselor   untuk memahami diri klien berserta masalahnya sesuai dengan fungsi pemahaman yaitu    pemahaman yang menyangkut latar belakang pribadi klien kekuatan dan kelemahannya         serta kondisi  lingkunganya .

  1. Perlukah ada jam masuk kelas untuk konselor sekolah ?

Jawab :  menurut kelompok kami, itu tergantung kebijakan dan kebutuhan sekolah                         terhadap BK itu sendiri.

  1. Apakah BK disamakan saja atau dipisahkan sama sekali dalam pendidikan?

Jawab :  menurut kelompok kami , BK  masuk dalam pendidikan tetapi dalam        pelaksanakannya Bk hanya memberikan layanan dan bimbingan terhadap siswa         sesuai   dengan kebutuhannya tidak sama dengan mata pelajaran lain.

  1. Bolehkah BK melibatkan teman-teman si klien dalam menangani masalah klien      mengingat ada asas kerahasiaan BK?

Jawab:  menurut kelompok kami, seorang konselor boleh melibatkan teman-teman si          klien untuk lebih memahami Permasalahan atau membantu memecahkan masalah             si          klien sesuai fungsi pemahaman akan tetapi dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan   asas kerahasiaan.

Leave a comment